Total Pageviews

0

coba coba

Saturday, August 21, 2010

Aku dilahikan pada 5 juni 1995,dan entah dari man orang tuaku mendapatkan nama erik,tapi yang penting pasti orang tuaku menamakan seperti itu ingin mendapatkan anak yang baik dengan nama itu. di banyuwangi jawa timur .aku anak kelima dari lima bersaudara .Aku mempunyai dua orang kakak laki laki dan dua orang kakak erempuan.Mereka sudah berkeluarg .Aku dilahirkan didalam sebuah keluarga petani.
Aku memulai pendidikanku di sebuah taman kanak kanak di desaku selama dua tahun, sekitar tahun 1999 aku lulus dan melanjutkan ke sebuah madrasah ibtidaiah(MI Ruodlotul Tholibin) juga di desaku . Lalu sekitar tahun 2006 aku lulus.kemudian Aku meneruskan ke sekolah madrasah stanawiyah negeri ( MTs N Banyuwangi II ).Di aku mendapat mukjizat akan kesadaran yang tidak dimiliki orang seusiaku .aku sadar bahwa aku di sini sebagai manusia yg tak ada artinya jika tidak ada yang maha kuasa ,dan kesadaraku itu makin bertambah akan segala sesuatu yang mungkin anak seusiaku belum mengerti itu .Dan disilah aku mulai sulit mencari teman ,karena menurut temanku menbosankan.tapi menurutku itu karena mereka tidak mengerti apa yg kuinginkan.Namun ada juga bisa mengertiku itu punmenurutku tidak tau menurutnya apakah dia merasa mengerti atau tidak .Tapi setidaknya aku merasa punya teman ,walupun setelanh ujian nasiaonal di aneh .and finaly aku tidak percaya lagi padanya karena yaaaaaaaaa………!dia seperti itu mau bagaimana lagi.Dan karena itu pula aku sekarang susah mencari teman yg bisa diajak curhat .mungkin karena itu pula aku dapat NIM yang kurang memuakan menurutku .tapi walaupun begitu aku masuk juga di SMK N Darul Ulum muncar dan aku nengambil jurusan TKJ (teknin computer dan jaringan).
Tapi tidak semudah itu aku masuk di TKJ ,aku harus melampaui beberapa tes yang menurutkan tidak biasa karena saya belum pernah mengalaminya .Tapi aku bersyukur aku sudah pernah merasakannya .Tes itu diantaranya tes kesehatan disini aku mendapatkan pernyataan dari orang yg memeriksaku bahwa aku menpunyai luka di telingaku.But untung saja aku masuk dan aku sangat bersyukur karena saya lolos. Tapi lolosku berbeda sama yg lain karena saya cadangan jadi aku harus menunggu dulu apakah ada yang mengundurkan diri setelah,setelah di pastikan bahwa ada yang mengundurkan diri aku baru bisa masuk dan sampai sekarang .
Setelah aku jadi siswa SMK N Darul Ulum ternyata aku menemukan teman baru yang memang mereka pintar,sopan,pengertian,enak diajak ngobrol.mereka ada empat orang yang satu dari Taman Agung Cluring.Aku memang sudah mengincarnya untuk jadi temanku dia tinggal di pesantren dan ternyata dia juga cadangan dulunya jadi kami saling meraskan .yang kedua dari Mancan Putih Rogojampi di pintar dalam matematika dan aku banyak tau tentang olimpiade because dia penah ikut .misalnya bagaimana cara mengerjkan soal matematika dengan cepat dan benar.Aku juga belajar beberapa hal tentang Rogojampi.Dan dia juga mondok di pesantren dekat sekolahan.Yang ketiga dari Muncar,walaupun muncar orangnya agak tidak beres tapi yang satu ini baik kok ,sopan ,agamis,pintar dan yang paling penting dia ngak urakan.maka dari itu saya sekarang tidak akan menilai orang dari asal usul daerah yang penduduknya kurang baik.Yang terakhir dari Silir Agung Rogojampi,dari dia aku tau kalau remaja seumuran kita itu memag tidak seharusnya diam dirumah ,karena dia pernah tidak sekolah satu tahun ,aku juga tudak tau apa sebabnya dia tidak sekolah dan aku juga tidak bertanya soalnya aku takut menyinggungnya.Dan aku salut ,ketika aku mendengar bahwa mereka memikirkan apa yang saya pikirkan,karena menurutku aku saja yang aneh .
Satu hal lagi yangku pelajari dari anak pesantren adalah bagaimana mereka bisa bertahan tanpa orang tua .Ternyata mereka bangu tidur sekitar jam 4 subuh untuk solat subuh ,lalu mereka masak untuk hari itu.itu pun yang mereka masak hanya nasi dan lalapan aja,itu sangat tidak enak untukku dan mereka memasak dengan tungku di tanah labang.Dan aku berfikir ,jika aku yang seperti ini aku bisa melewatinya tidak maka, aku sangat bersyukur atas apa yang bisa kudapatkan dari pemberian orang tua ,termasuk makanan yangku dapatkan dari tidak memasak sendiri dan banyak hal lain yang aku dapatkan dari orang tua.Setelah memasak mereka mandi untu sekolah dari jam 7 hingga jam 1 siang .lalu cuci baju mereka sendiri tidak dengan mesin cuci tapi dengan tangan .Pada jam 3 sampai jam 4 mereka diniah (di dalamnya mempelajari tentang bagaimana cara membaca huruf arab tanpa harokat dan ilmu agama lainnya ) lalu istirahat sekitar setengah jam.Bahkan aku belum pernah sibuk itu setelah kelas tiga MTS.Usai istirahat mereka melanjutkan pelajaran mereka sampai mahrib tiba.setelah sholat mahrib mereka baca alquran,dan belajar untuk besok sampai isak tiba ,kegiatan mereka tidak berhenti sampai disitu saja, mereka juga ada melakukan beberapa kegiatan extra sampai jam 11 malam.Itu saya sudah tidur dan mimpi indah .Jika senin dan kamis mereka bangu jam 3 untuk sahur .Bayangkan saja tidur jam 11 bangun jam 4 dan jika puasa mereka bangun jam 3 mereka hanya punya waktu tidur 4 sampai 5 jam saja pasti mata kita sakit jika harus seperti itu lalu pagi harinya sekolah ,wah wah……………………………… !!!! apa rasanya.Aku dapat hal yang berharga dalam kehidupan dan aku bersyukur atas segalanya yang mungkin anak pesantren tidak mendapatkan itu semua .Coba kita fikirkan seandainya kita tau dan mau menghitung berapa banyak biaya yang dikeluarkan orang tua kita dari kita masih dalam kandungan (9 bulan ) sampai saat ini.dan berapa banyak kasih sayang yang di berikan kepada kita .
Dan berapakah tetes keringat yang di kekuarkan orang tua kita untuk membiayai hidup kita ,dan pernahkah anda memikirkan betapa kita beruntung dari orang orang yang hidup dijalan di tengah kota besar.Sekarang saya mengerti betapa aku tidak mensyukuri apa yang aku punya yang ternyata masih banyak orang diluar sana yang membutuhkan apa aku tidak hargai selama ini.Maka saya sangat menyesal saat saya tau temanku sendiri yang tidak seberuntung,aku merasa kecil atas segalanya dan sekarang aku ingin hidup untuk melunasi apa yang dulu aku tidak tau betapa berharganya bagi orang lain.Dan saranku untuk orang orang di luar sana yang belum tau kalau mereka sangat beruntung dan semoga mereka cepat tau , aminnnnnnnnn!!!!.
Taukah anda kalau ada sesuatu yang jawabannya kita harus bertanya dan akan lebih biak lagi jika yang mengalaminya sendiri itu akan sangat bermakna untuk kita.Mungkinkah kalian sudah punya teman sejati atau paling tidak kalian sudah punya teman yang bisa percaya kepada kalian tanpa ada bukti yang menukkan kebenaran apa yang kau katakana ?,dan apakah kamu sudah merakan apa yang teman ada rasakan tapi mereka tidak pernah menceritekanya kepada anda. Karena aku sudah merasakan jika teman anda tidak mempercayai apa yang anda katakan,mereka bukanlah teman yang baik untuk anda yang sedang mencari teman sejati.
Mungkinkah anda memikirkan diluar sana banyak orang yang berjuang untuk orang lain demi masa depan orang yang dibantunya .Mereka tidak memikirkan apa yang mereka miliki ,tapi mereka memikirkan apakah melik mereka bisa berguna bagi arang yang akan mereka bantu.Seperti contohnya adalah relawan, mereka memikirkan orang yang kesusahan dan tidak memiliki apapun untuk mereka jadikan bahan untuk hidup,kecuali dari para relawan.so,jangan memikirkan apakah anda beruntung atau tidak,tapi pikirkan apakah ada yang lebih tidak beruntung dari anda ,maka itu akan membuat anda menjadi lebih besar dalam kehidupan.
Aku mempunyai hal yang baru saja saya ketahui yaitu jangan pernah mendesakan orang desa ,karena orang desa bisa melakukan pekerjaan mereka tanpa bantuan orang kota.Dan menurut aku orang mendesakan orang desa adalah orang yang tidak tau bahwa sesunguhnya orang desalah yang membuat mereka jadi orang kota.Dengan kata lain tanpa oranag desa yang mandiri,misalnya mereka bertani beternak dan masih banyak lagi hal lain yang orang desa lakukan tapi tidak bisa orang kotan lakukan.
Salah satu prinsip hidupku adalah memikirkan hal baru tiap hari.Karena dengan memikirakan hal baru tiap hari akan membuat anda tidak cepat strees,tapi jangan melupakan hal yang seharusnya anda ingat.
Okey,sekarang kita kembali pada pokok masalah yang sebenarnya aku membuat tulisan ini yaitu tentang pengalamanku yang mungkin saja berguna bagi anda yang membaca.Pertama kali aku tau kalau aku pandai berbicara di depan umum, ketika aku kelas 2 MTs,pada saat itu aku sedang di kelas dan saat itu sedang ada diskusi tentang BK.Disitu aku merasa sangat ringan mengatakan sesuatu dari mulutku padahal menurut temanku dan aku sendiri tidak percaya itu.Tetapi lama kelamaan aku bisa mengatur apa yangku katakan dan itu biasa saja.Satu lagi hal yang membuatku lebih percaya pada kemampuanku dalam berbicara yaitu:aku mudah mengerti maksud dari kata yang diucap orang .Maka kesimpulan dari pengalamanku yang bisa anda ambil adalah percayalah bahwa anda mempunyai bakat yang mungkin saja muncul kapan saja dan jika anda kurang percaya maka percayalah dan coba buktikan.Dengan anda mempercayai maka anda paling tidak sudah berusaha melakukanya dan membuat anda mendapatkan ilmu tentang hal yang anda coba so,jika anda sudah mencoba dan ternyata bukan keahlian anda, setidaknya anda mendapatkan hal yang ternyata menghasilkan pengetehuan yang anda dapat dari mencoba.
Satu hal lagi yangku peroleh dari anak ponpes.Yaitu kebersamaan yang mereka jalin ketika mereka melakukan kegiatan gotong royong.Misalnya memasak bersama, mereka lakukan dengan gembira ,tak masalah banyak atau sedikit yang mereka masak tapi yang penting adalah kenikmatan ketika kita bersama dengan orang orang yang kita kenal ,dan momen itulah yang mengesankan.Bagi saya makanan menjadi enak ketika memakan dengan orang banyak walaupun tidak banyak dan tak terlalu enak pula bila dimakan sendirian.
Ada orang yang mengtakan,mantan preman lebih baik dari pada mantan ustad.Menurutku memang orang yang dulunya mantan brandalan ,akan lebih mendalami diri sebagai orang baru yang lebih baik.Karena mereka telah mengetahui apa yang merelakukan sebelumnya adalah salah. Bukan berarti mereka mantan brandalan malah takut untuk menjadi orang baik baik,tapi justru karena mereka mantan bradal dan tau kalau apa mereka lakukan adalah salah mereka mempuyai banyak dorongan dari dirinya untuk mengubah dirinya.Maka itu sebabnya aku mempuyai prinsip ilmu yang paling bermakna adalah pernah mengalami hal itu.
Sekarang kita akan membahas tentang – keteguhan dalam pemilihan keputusan. Yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu adalah tetapkan keputusan yang paling bepengaruh terhadap masa depanmu .Misalnya kamu mempunyai keinginan untuk menjadi seorang guru bahasa inggris.Kokohkan keiginanmu itu, lalu mulai susun apa apa saja yang di perlukan oleh seorang guru bahasa inggris.Dan yang paling penting adalah kamu percaya kalau bisa mewujudkan keinginanmu itu. Petama kamu harus menyusun langkah untuk menjadi guru,dengan cara,jika kamu masih SMA otomatis kamu harus menyelesaikan sekolahmu dulu .Lalu setelah kamu ,kamu harus mencari kampus untuk dan mengambil jurusan bahasa inggris dan seterusnya.Juga yang penting kamu nggak terpengaruh omongan orang lain .Misalnya temanmu mengtakan kalau kamu nggak pantas jadi guru atau apalah yang merekan katakana itu adalah pengecil keinginanmu untuk meraih keinginanmu.Dan kamu harus mempunyai keberanian untuk mewujudkanya .Jika kamu mencobanya dan gagal setidaknya kamu sudah berusaha .Tapi jika kamu nggak pernah melakukanya kamu akan menyesal dikemudian hari karena kamu tidak pernah mencobanya ,dan kamu akan di hantui rasa penasaran,lalu kamu berandai andai kalau seandainya aku dulu mencoba ,dan seterusnya .Enggak enakan kalau di masa tuamu,kamu tidak tau kalau kamu sebenarnya kamu bisa melakukan keinginanmu karena kamu terpengaaruh omongan orang yang tidak mengetahui kamu itu mempunyai kemampuan itu.Maka jangan terpengaru perkataan orang lain yang mengtakan kalau kamu tidak bisa.
Cukup dulu tetang masa depan kini saatnya membicarakan tentang pengaru idolamu terhadap dirimu .Terlebih dahulu aku akan menanyakan siapa idolamu?kalau idolaku adalah Mario teguh seorang motifator.Beliau memiliki kata kata yang tidak terduga dan memberiakan semangat untuk memulai hidup baru .







GAMBAR MARIO TEGUH

Okey,kita anggap kalau kamu mempunyai idola seorang selep.Mungkin kamu akan meniru gaya hidupnya.Misalnya idolamu suka berenang kemungkina kamu menirunya dan meluangkan waktu untuk itu.Atau lagi idolamu suka baca buku,pasti kamu akan menirunya juga,enggak masalah kamu meniru idolamu tapi, kamu harus ingat kamu adalah kamu.Selama yang kamu tirukan masih dijalan yang kanan (baik) kamu akan mendapatkan pengalaman yang sebelumnya kamu belum mengelaminya ,tapi karena kamu menirukan idolamu kamu akan menggali bakatmu yang mungkin bisa muncul.Jadi, bagiku idola juga berpengruh padamu.
Tapi yang paling jelas adalah kamu bukan idolamu yang memiki segalanya dengan mudah.Sementara kamu adalah anak pedagang baju(misalnya) yang penghasilan perbulan orang tuamu hanya pas pasan.So,ingatlah kalau kamu itu mungkin akan susah manuruti kemaumanmu untuk meniru idolamu jadi sesuaikan dengan kondisimu.Tapi ada hal baik yang mungkin bisa kamu coba .Yaitu mungkin kamu ingin seperti idolamu yang terkenal .Kamu bisa kok jadi yang kamu inginkan tapi ada bebera hal yang bisa kamu lakukan:
Yang pertama kamu harus berusaha dengan tanganmu sendiri mewujudkannya,mungkin idolamu penyanyi,kamu bisa cari guru nyanyi untuk melatihmu setelah dirasa bagus nyanyi,hal yang selanjutnya kamu cari orang atau tempat yang mau menjikamu artis terkenal.Dan akhirnya kamu terkenal seperti idolamu bahkan kamu bisa menyaingi ketenaran idolamu.
Cara kedua yang saranku jangan dicoba yaitu kumpulkan uang untuk nyogok produsere rekaman untuk menjadikanmu artis atau bahkan gagal yang menjadikanmu rugi ,mudah tapi bahaya bagi masa depanmu . Coba pikikan kalau pilih cara ini kamu akan mudah mencapai tujuanmu yang sebenarnaya juga tidak mudah. Kenapa aku bilang seperti itu karena ,kamu dapat dari mana uang untuk nyogok produsere kalau tidak dari berusaha.Dan akhirnyapun kamu juga berusah bukan so jangan ya………!.Dan pikikan pula kalau kamu sudah terjun kedalam impianmu kamu akan kesusahan untuk mengembangkan kariermu karena kamu hanya melakukan hal yang pertama dengan kecurangan yang akhirnya kamu juga akan mendapatkan hasil tidak barokah bagi hidupmu.Jadi kesimpulanya pada akhirnya kamu juga harus berusaha .So,pilihlah pilhan yang pertama. Meniru idola memang baik jika yang dilakukan benar,tapi jika tidak baik maka akan memperjelek masa depanmu.
Sekarang kita bicara masalah kesabaran,menurutmu ,apakah kesabaran itu ?,bagaimana kamu menanggapi kesabaran ?,dan apakah kamu sudah bersabar ?,semua itu akan kita bahas sekarang .
Kesabaran bagiku susah karena sabar itu macam macam jenisnya.Karena apa kesabaran adalah suatu pengikat tindakan kita agar kita tidak melakukan hal yang mengancam kita.Atau dengan kata lain kesabaran adalah pengaman hidup kita dari kerusakan yang akan kita buat sendiri karena jika kita tidak berhati hati atau mungkin suatu pengendalian diri.
Nah kita akan menjawab pertanyan tadi,bagaimana kamu menanggapi kesbaran?.Kalau aku menghadapi sesuatu yang membuatku merasa tidak senang terhadap sesuatu itu,pasti aku jengkel dalam hatiku tapi aku juga berfikir kalau tetap seperti itu kayanya itu ngak akan nyelesaiin masalah .Yangku pikirkan saat itu adalah bagaimana aku tidak tidak akan melkukan hal itu kepada orang lain.Dan jika masih bisa aku mengubah hal itu saat itu juga aku akan melakukanya agar aku bisa lebih bersabar karena mungkin saja jika tidakku lakukan akan lebih besar masalah yang membuat kesabaranku di uji.

0 Responses to "coba coba"

Followers